PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANAN

Pernahkah kamu pergi ke kebun binatang? Di sana terdapat berbagai jenis hewan. Mulai yang bertubuh kecil hingga yang bertubuh besar. Ternyata, hewan-hewan terswbut diberi makanan oleh penjaga kebun binatang.

makanan hewan terswbut ada yang berasal dari tumbuhan dan ada yang berasal dari hewan. Maknan yang berasal dari tumbuhan, di antaranya rumput, buah-buahan dan biji-bijian. Adapun mkanan yang berasal dari hewan, di antaranya daging.

Berdasarkan jenis makanannya tersebut, hewan-hewan dapat di kelompokan ke dalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut antara lain, herbivora (pemakan tumbuhan ), karnivora (pemakan daging), dan omnivora (pemakan tmbuhan dan daging).

1. Hewan Pemakan Tunmbuhan (Herbivora)

Pernah kamu melihat kambing? Menurutmu, bersumber dari mnakah makanan kambing tersebut? Makanan kambing bersumber dari tumbuhan. Seperti telah dijelaskan diatas sebelumnya, beberapa bagian dari tumbuhan dimanfaatkan oleh hewan sebagai makanan.

Hewan yang memakan tumbuhan disebut herbivora. Hewan apa saja yang termasuk herbivora? Bagian apa yang dijadikan sebagai makanan hewan herbivora? Jenis-jenis hewan yang termasuk dalam kelompok herbivora. Hewan-hewan herbivora memiliki ciri pada susunan giginya.

Selain herbivora yang hidup di darat seperti kambing, kuda, dan gajah, ada pula burung yang tergolong herbivora. Burung pemakan tumbuhan ini memiliki ciri khusus, terutama pada bentuk paruhnya. Contohnya adalah burung pipit pemakan biji dan burung kolibri pengisap sari bunga.

2. Hewan Pemakan Daging (Karnivora)

Hewan pemakan daging (karnivora) merupakan hewan yang mencari makan dengan cara berburu hewan lain. Untuk berburu dan mencari mangsa, hewan karnivora biasanya memiliki senjata. Senjata itu dapat berupa giginya yang tajam. Di samping itu, ada juga hewan karnivora yang memiliki senjata cakar yang tajam. Hewan apa saja yang memiliki cakar yang tajam?  Hewan karnivora banyak sekali jenisnya.Selain karnivora yang hidup di darat, ada pula karnivora yang dapat terbang dan karnivora yang hidup di air. Karnivora yang hidup di darat contohnya singa. Sementara itu, karnivora yang dapat terbang contohnya burung hantu dan karnivora yang hidup di air contohnya hiu.

Karnivora yang hidup di darat, memiliki ciri yang menunjang untuk berburu mangsanya dan mamakan daging. Cirinya, yaitu memiliki gigi taring yang tajam dan cakar yang tajam, kemampuan lari yang cepat. Karnivora yang dapat terbang, biasanya memiliki cakar yang kuat dan tajam, paruh yang melengkung dan tajam, serta pengelihatan yang tajam. Karnivora yang hidup di air memiliki ciri gigi yang tajam dan kemampuan berenang yang sangat cepat.

3. Hewan Pemakan Tumbuhan Dan Daging (Omnivora)

Hewan pemakan tumbuhan dan daging (Omnivora) terkadang disebut juda sebagai hewan pemakan segala. Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis makanannya. Contoh hewan omnivora ialah tikus dan babi.

Hewan-hewan tersebut dapat memakan tumbuhan dan hewan. karena hewan omnivora memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan.

Muharam Aris dan Rostiawaty, S., Ilmu Pengetahuan Alam, JP BOOKS, Jakarta, 2007.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s